Manfaat Internet Bagi Pelajar Masa Kini

Manfaat Internet Bagi Pelajar Masa Kini – Internet merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Internet membuat dunia seolah tanpa batas hanya dengan menatap layar monitor komputer, laptop atau gadget. Manfaat internet dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari mahasiswa, pekerja kantor, guru bahkan pelajar dari SD sampai SMA. Beberapa manfaat yang pelajar dapatkan dengan penggunaan internet adalah sebagai berikut.

Manfaat Internet Bagi Pelajar Masa Kini

1.Mempermudah Pelajaran di Sekolah
Manfaat internet yang paling besar bagi pelajar adalah memudahkan pemahaman setiap materi pelajaran yang diberikan di sekolah. Materi pelajaran yang diberikan guru kadang tidak tuntas karena keterbatasan waktu atau materi telah diberikan secara tuntas tetapi sulit dipahami oleh pelajar. Di sini peran internet sangat besar karena pelajar bisa mempelajari sendiri materi yang tidak tuntas tersebut hingga benar-benar dipahami dan mereka juga bisa menggunakan internet untuk mempelajari kembali materi yang diajarkan. Manfaat lainnya adalah pelajar lebih mudah mengerjakan setiap tugas yang diberikan guru yang mungkin tidak ada di buku.

2.Memperluas Wawasan
Manfaat internet yang lain bagi pelajar adalah menambah dan memperluas wawasan. Internet merupakan gudang ilmu, tidak hanya ilmu yang ada di sekolah saja tetapi juga ilmu informal yang tidak akan ditemukan pada buku-buku pelajaran yang sangat penting untuk menjalani kehidupan. Pelajar bisa memperluas wawasan tanpa terbatas jarak dan waktu sehingga pola pikir mereka bisa lebih terbuka dan berkembang. Selain itu, mereka akan mendapatkan banyak hal yang berguna bagi masa depannya.

3.Membiasakan Pengoperasian Komputer
Manfaat internet yang dirasakan juga bisa dalam bentuk kemahiran mengoperasikan komputer. Internet memang umumnya digunakan pada komputer sehingga pelajar yang sering memanfaatkan internet akan lebih mahir dalam pengoperasian program-program dan aplikasi komputer. Zaman modern seperti sekarang ini, tentu kemahiran seperti ini sangat penting agar tidak ketinggalan zaman. Banyak sekali perusahaan yang menuntut kemahiran penggunaan komputer sehingga keahlian tersebut memang benar-benar dibutuhkan.

Manfaat Internet Bagi Pelajar di Luar Dunia Pendidikan

1.Sarana Komunikasi
Banyak orang yang memanfaatkan teknologi internet untuk berkomunikasi dengan kerabat, teman ataupun kenalan yang tinggal jauh melalui berbagai media sosial yang banyak tersedia saat ini. Bahkan, Facebook, Twitter, BBM, Line, Whatsapp, dan sebagainya telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan pelajar. Media sosial yang terhubung internet telah menjadi salah satu alat komunikasi yang paling banyak digemari masyarakat masa kini. Pelajar bisa berbagi informasi atau bertukar cerita tentang kehidupannya melalui media sosial. Hal ini juga bisa meningkatkan kemampuan bersosialisasi yang akan berguna bagi kehidupan nyata.

2.Sumber Hiburan
Sebagian orang juga banyak memanfaatkan internet untuk mencari hiburan ketika sedang libur sekolah, bosan, stres atau sedih. Dengan internet, pelajar bisa menonton banyak film kesukaan yang tidak disiarkan di televisi. Selain itu, mereka juga bisa mengunduh banyak lagu dan video klip dari band atau penyanyi idola yang bisa menambah semangatnya saat mengerjakan tugas sekolah atau tugas rumah lainnya. Tidak hanya sampai di situ, saat ini internet juga menjadi hiburan paling utama untuk anak muda karena banyaknya game online yang bisa dimainkan bersama teman atau kerabat.

Begitu banyak manfaat internet yang bisa didapatkan. Tetapi ingatlah, ada sisi positif tentu juga ada sisi negatif. Anda tentu pernah mendengar berbagai tindak kejahatan yang terjadi dengan memanfaatkan internet pada pelajar. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan internet tetap harus didampingi oleh orang dewasa agar terhindar dari efek negatif yang bisa dirasakan dari penyalahgunaan internet.

Manfaat Internet Bagi Pelajar Masa Kini | Minato Hienzo | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!