Mengenal Lebih Dekat Komponen Komputer dan Fungsinya

Komponen Komputer dan Fungsinya – Anda tentu sudah terbiasa dengan penggunaan komputer. Akan tetapi, apakah Anda tahu dengan pasti berbagai komponen komputer? Perangkat ini memang menjadi salah satu teknologi yang mengubah dunia dengan adanya komputer, pekerjaan sehari-hari menjadi lebih mudah dan cepat bahkan hampir semua orang saat ini memerlukan komputer untuk menjalankan aktivitasnya. Mengingat betapa pentingnya teknologi ini dalam kehidupan, tidak ada salahnya mengenal komputer lebih dekat beserta komponen-komponennya.

1.Monitor

Komponen Komputer yang bernama Monitor

Monitor merupakan komponen komputer dalam sektor output. Fungsi utama monitor adalah menampilkan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer. Informasi grafis tersebut berupa tampilan video, gambar, aplikasi, dan lain sebagainya. Awalnya, Monitor Komputer berbentuk tabung (CRT) seperti televisi yang berukuran besar dan berat. Monitor ini menggunakan daya listrik yang cukup besar. Namun, seiring arus modernitas saat ini, kebanyakan monitor yang digunakan pada komputer berbentuk layar datar (LCD) karena lebih hemat listrik dan ruang.

2.Keyboard

Keyboard merupakan komponen komputer dalam sektor input. Fungsi utama keyboard adalah mengetikkan sesuatu ke dalam sistem komputer yang akan ditampilkan melalui monitor mulai dari huruf hingga angka. Umumnya, Keyboard terdiri dari tiga tombol utama yaitu tombol fungsi, tombol angka dan tombol huruf. Tombol fungsi terletak di bagian paling atas dari mulai F1 sampai F12. Tombol angka terletak di bagian bawah tombol fungsi, mulai dari angka 1 sampai angka 0 dengan berbagai karakter tambahan seperti tanda !, x, %, dan lain-lain. Sedangkan, tombol huruf terletak di bagian bawah tombol angka mulai dari huruf Q sampai huruf M.

3.Mouse

Mouse juga merupakan komponen komputer dalam sektor input. Fungsi utamanya adalah untuk menggerakkan tanda panah atau kursor pada layar monitor saat ingin menjalankan suatu program dan aplikasi yang tersedia di dalam komputer. Mouse terdiri dari 2 buah tombol, yaitu tombol klik kiri dan tombol klik kanan. Mouse juga memiliki 1 buah roda kecil di bagian tengah yang berfungsi sebagai scroll bar.  Perangkat ini disebut ‘mouse’ karena bentuknya yang mirip tikus, yaitu lonjong, kecil dan dihubungkan dengan kabel panjang layaknya ekor tikus.

Komponen Komputer yang Berperan Dalam Proses Data

1.CPU (Central Processor unit)

CPU merupakan komponen yang berperan sebagai otak komputer dan berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang dilakukan di dalamnya seperti eksekusi perintah, menghitung data, mengatur suara, mengatur kecerahan layar monitor dan lain sebagainya. Karena perannya sebagai inti komputer, processor yang digunakan harus berkualitas tinggi. CPU berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang besar dan biasa diletakkan pada bagian bawah atau di bagian samping perangkat komputer. Berbagai merek CPU hadir di pasaran seperti INTEL, AMD dan lain-lain.

2.Harddisk

Harddisk merupakan komponen yang berperan sebagai tempat penyimpanan data komputer.  Semakin besar kapasitas harddisk, tentu kapasitas penyimpanan data juga semakin luas. Harddisk yang tersedia untuk komputer umumnya berkapasitas 500 GB, 250 GB, 1 Tera hingga 3 Tera.

3.RAM

RAM merupakan komponen yang berperan sebagai media penyimpanan data sementara dari berbagai program dan aplikasi yang dijalankan. Ada beberapa model RAM yang tersedia di pasaran yaitu DDR2, SDRAM, DDR dan lain-lain.

Itulah beberapa Komponen Komputer yang berperan penting dalam menjalankan sistem yang ada di dalam komputer. Masing-masing komponen akan memberikan performa terbaiknya, tinggal bagaimana Anda menjaga dan merawat komponen-komponen tersebut agar tidak mudah rusak dan tetap memberikan kinerja maksimal. Sekian penjelasan singkat mengenai komponen yang terdapat pada komputer. Semoga artikel ini bisa menambah sedikit wawasan Anda.

Mengenal Lebih Dekat Komponen Komputer dan Fungsinya | Minato Hienzo | 4.5

3 responses to “Mengenal Lebih Dekat Komponen Komputer dan Fungsinya”

  1. Hahaha…dpt juga ilmu..lebih dlm lgi…
    Saya u lh jga sbb nk letak…paste…tuhahah

  2. Wijdan Sidiq says:

    satu tambahan lagi pak.. kabelnya hehe

  3. sifandy com says:

    ada yang kurang komponennya, yaitu VGA untuk grafis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!