Pengertian Komputer, Bagian-Bagian dan Perkembangannya

Pengertian Komputer ada bermacam-macam menurut para ahli. Pada umumnya, komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data. Di abad modern ini, hampir setiap aktivitas dilakukan dengan menggunakan komputer, baik yang sederhana seperti mengetik, memutar lagu dan film, membaca, berselancar di internet maupun yang kompleks seperti desain dan pemrograman. Komputer juga digunakan mulai dari dalam rumah sampai kantor dan sekolah. Dengan begitu banyaknya kegunaan komputer dalam kehidupan, orang-orang pun memiliki jawaban berbeda jika ditanya tentang pengertian komputer, begitu pun para ahli. Para ahli memiliki jawaban yang berbeda tentang definisi sebuah komputer. Mari kita lihat pengertian komputer menurut para ahli yang berbeda satu sama lain.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli dan Bagian-Bagiannya

Beberapa Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Komputer terdiri dari dua bagian yaitu hardware dan software. Pengertian komputer tidak lepas dari dua hal ini. Hardware adalah komponen dari komputer yang bisa dilihat dan pegang tangan kita secara langsung. Sifat alatnya memiliki bentuk dan nyata. Sedangkan software atau perangkat lunak adalah data elektronik yang terdapat di dalam komputer. Software bisa digunakan untuk melaksanakan perintah-perintah yang diberikan oleh pengguna komputer serta memproses input sehingga menghasilkan output yang diinginkan oleh pengguna.

Pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer di dalam bukunya yang berjudul Instructor’s Manual to Accompany Komputer Annual tahun 1985 adalah sebuah alat elektronik yang bisa melakukan beberapa tugas mulai dari menerima input, kemudian memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menghasilkan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut William M. Fuori, komputer merupakan suatu alat yang digunakan untuk memproses data dan dapat melakukan perhitungan yang besar termasuk aritmetika dan logika dengan cepat, tanpa campur tangan manusia.

Jika kita melihat dalam Oxford English dictionary, pengertian komputer disebutkan sebagai perangkat elektronik yang digunakan untuk mengendalikan dan menghitung operasi-operasi yang selanjutnya akan dinyatakan dalam bentuk logika atau numerik. Definisi dari Oxford English dictionary ini lebih ringkas dari definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia yang menuliskan bahwa pengertian komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya). Biasanya ini terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Beberapa pengertian komputer di atas menyebutkan bahwa komputer memproses data setelah memperoleh input yang dimasukkan oleh penggunanya. Keyboard adalah salah satu alat yang digunakan untuk memasukan perintah ke dalam komputer. Selain keyboard, kita dapat memasukan input ke dalam komputer melalui mouse, scanner, mikrofon, joystick, dan sebagainya. Setelah input masuk, komputer memprosesnya hingga menghasilkan output yang bisa kita lihat pada monitor, speaker, hingga printer.

Pengertian komputer mungkin bisa berubah-ubah sesuai dengan berjalannya waktu. Perkembangan komputer juga berkembang sangat pesat akhir-akhir ini. Tidak hanya berdiri di atas meja, komputer sekarang sudah ada dalam bentuk tablet yang bisa di bawa ke mana saja. Perusahaan komputer Lenovo bahkan sudah meluncurkan komputer seukuran flashdisk yang bisa disambungkan dengan monitor menggunakan sambungan HDMI. Komputer Stick tersebut sudah dijual di Indonesia sejak Juni 2015 dengan kisaran harga antara satu hingga dua juta. komputer ini juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 8.1. Di masa depan, perubahan bentuk dan cara penggunaan seperti itu bisa saja ikut membuat perubahan pada pengertian komputer.

Pengertian Komputer, Bagian-Bagian dan Perkembangannya | Minato Hienzo | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!