Cara Membuat dan Mengganti Tampilan Icon Folder di PC

Yang default tentunya tidak akan sama dengan selera kita, baik itu dalam media pemutar lagu / video, browser, wallpaper desktop, tema pc windows dan lain sebagainya. Tentu kita selalu mempunyai keinginan untuk dapat mengubahnya, karena sudah bosan dan ingin mencoba hal yang lebih baru atau fresh, seperti yang kita inginkan.

Seperti saat kita pertama kali membeli komputer maupun laptop, walaupun pada awalnya sudah suka dengan komponen dan perangkat yang ada didalamnya, akan tetapi seiring berjalannya waktu pasti kita tidak luput dari pikiran ingin menggantinya atau upgrade ke model terbaru. Tentunya agar dapat menunjang pekerjaan menjadi jauh lebih mudah dan cepat, serta memadai untuk memainkan berbagai game berat.

Sama halnya dengan mengganti Icon Folder bawaan yang ada di Windows, itu akan memberikan sedikit suasana yang lebih segar, karena icon yang tampil sesuai keinginan kita ataupun memakai foto kita sendiri. Pada dasarnya ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, karena hanya mengubah ekstensi dari gambarnya. Meski begitu, ada tahapan lain yang harus dilakukan agar icon tersebut bisa diterapkan dengan sempurna.

Catatan: Bila ukurannya tidak sesuai, kebesaran atau kekecilan, cobalah mengubah ukurannya terlebih dahulu sebelum mengikuti tutorial dibawah ini. Bila ingin disarankan, lebar dan tinggi sebaiknya sinkron, dalam artian jumlah pixel-nya sama (ukuran). Saya sudah mencobanya di 256 x 256, tapi hasilnya belum memuaskan, karena masih saja terlihat kecil, mungkin pengaturan icon-nya sudah begitu. Dengan sedikit penjelasan dari saya, semoga anda bisa mendapat hasil yang lebih baik.

Tutorial

1.Persiapkan gambar yang ingin dijadikan Icon Folder pada Windows 7 atau XP.
2.Setelah menentukan, klik kanan pada gambarnya dan pilih Open With > Paint.
3.Selanjutnya langsung saja klik File > Save As:

  • File name: beri nama bebas terserah anda, tapi diakhir tulisan ketik titik lalu ico. Pokoknya jangan ada spasi antara titik dan ico

contoh: gambar-satoshi48.ico

  • Save as type: pilih 24-bit Bitmap (*.bmp;*.dib)
4.Pengaturan pun sudah selesai dilakukan, lalu Save. Untuk memastikan apakah sudah menjadi icon atau belum, arahkan kursor mouse pada gambar tadi yang sudah disimpan. Jika pada Type bertuliskan Icon, maka anda sudah berhasil.
icon su-chan
5.Setelah itu klik kanan pada Folder yang mau diubah tampilannya dan pilih Properties. Klik 1x pada tab Customize > Change Icon > browse, cari icon tadi yang sudah dibuat dan jika sudah ketemu, klik 1x dan Open. Klik 1x pada fotonya dan OK.

Masih belum ada perubahan? coba refresh. Untuk hasil yang lebih maksimal, silahkan sesuaikan sendiri dan pelajari lebih lanjut dengan melakukan percobaan. Agar anda percaya bahwa saya sudah melakukan tutorial ini sebelumnya dan 100% berhasil, silahkan lihat screenshot dibawah ini.

mengubah ico folder di pc

Dengan screenshot tersebut, maka berakhir pula penjelasan mengenai cara membuat icon folder sendiri. Semoga dengan tulisan yang cukup panjang ini, tidak membuat anda malas dalam membacanya secara keseluruhan.
Cara Membuat dan Mengganti Tampilan Icon Folder di PC | Minato Hienzo | 4.5

9 responses to “Cara Membuat dan Mengganti Tampilan Icon Folder di PC”

  1. Kusuma Dana says:

    thankyou 🙂

  2. Sama-sama, semoga membantu, ya 🙂

  3. Kevin Agusto says:

    lumayan juga infonya…..thnx

  4. makasih infonya gan, sangat membantu Pc saya yang sekarang sudah berganti icon semua gan.. hehehe makasih deh,,
    salam kenal: http://www.tokoindofurniture.com/, sekaligus ijin share gan,,,

  5. Terima kasih atas informasinya

  6. wottoo jump says:

    joss masuk banget,,tapi hasil nya kuecil buanget gan…

  7. Makasih.. tapi saya mau tanya, foto saya kok jadi kecil ya? gimana cara memperbesar pixelnya? maaf saya sedikt gaptek

  8. Adi Bima says:

    makasih sebelumnya ka..
    mau nanya nih ka.. itu kan klo udh jadi hasilnya kecil kecil..
    nah bisa d gede in lg nggak?
    mksh ka..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!